Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit Sebagai salah satu dari orang yang hobi dengan Ayam Petarung, pasti kita mempunyai keinginan supaya ayam kesayangan yang kita miliki nantinya dapat tumbuh dengan maksimal dan menjadi seekor ayam jawara. Sebagai sesama orang yang hobi Ayam Petarung, disini kita akan jelaskan beberapa tips supaya Ayam Petarung yang kita miliki dapat tumbuh menjadi seekor ayam sesuai dengan apa yang kita impikan.

  1. Memisahkan Anak Ayam Yang Baru Saja Menetas Dari Indukan

Ketika sejumlah telur yang dierami oleh babon atau induk menetas, segera ambil anak ayam ke sebuah boks. Pisahkan anak ayam dengan induknya. Hal ini memiliki tujuan supaya Ayam Anakan memperoleh asupan makanan serta perawatan dengan maksimal, supaya nantinya bisa tumbuh dengan maksimal.

Untuk dapat meningkatkan kekebalan dari anak ayam dari serangan penyakit hingga usia dewasa, dari 3 hari, 3 minggu hingga 3 bulan. Sangat wajib untuk kita guna memberi vaksinasi pada ayam anakan tersebut.

Jangan lupa memberi lampu supaya suhu yang ada di dalam boks tersebut tetap hangat. Jarak dari lampu kurang lebih 60cm. Sementara untuk alas, gunakan Koran supaya tidak terlalu repot ketika mengganti jika kotoran dari Anak Ayam telah menumpuk. Koran sebaiknya diganti setiap seminggu 1 kali.

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit

Beri minuman di dalam boks yang dicampur vita-chik, hal ini bertujuan menambah kekebalan anak ayam dari serangan penyakit. Beri pakan dengan wadah yang lumayan besar, biarkan anak ayam tersebut makan dengan mencakar makanannya. Hal ini juga bertujuan untuk melatih otot kaki dari Anak Ayam.

  1. Memberikan Sebuah Tangkringan

Usai anak ayam berumur 1 minggu, sudah pasti Anak Ayam tersebut telah mulai beraktivitas dan memerlukan kandang yang sedikit lebih besar. Ganti kandang dan beri tangkringan. Hal ini bertujuan untuk dapat melatih otot kaki ataupun sayap dari anak ayam.

  1. Ayam Yang Telah Berumur 1 Bulan

Setelah berumur 1 bulan, ganti kembali kandang dengan yang jauh lebih besar supaya ayam tidak terlalu berhimpitan dengan ayam lain. Masih sama, kandang diberi sebuah tangkringan supaya ayam dapat terbiasa tidur di atas sebuah tangkringan hingga beranjak dewasa.

Tempat minum juga harus diganti dengan yang lebih besar, sebab ayam berusia besar pasti memerlukan banyak minum. Wajib diperhatikan, jangan sampai kehabisan minum ketika datang musim kemarau. Jangan lupa untuk tetap memberi Vita-Chick pada minuman itu.

  1. Ayam Yang Telah Berumur 4 Bulan

Hingga berumur 4 bulan, lebih baik jika Ayam dilepas atau tidak dikandang, cukup dengan diumbar supaya Ayam tersebut bisa bergerak dengan bebas.

Cara Merawat Ayam Laga Yang Baik Dari Bibit

Untuk makanan, berikat 2 gengam BR1 ditambah dengan susu dancow 1 sendk, jagung giling lembut 1 genggam, nasi hangat 1 entong,serta 1 lembar daun papaya yang telah dirajang tipis.

  1. Ayam Yang Telah Berumur 6 Bulan

Setelah memasuki umur 6 bulan, pisahkan Ayam dengan saudaranya serta pindahkan pada sebuah kandang dengan 1 kandang hanya berisi 1 ayam.

Hal ini bertujuan supaya ayam tidak bertarung dengan satu sama lain. Sebab pada masa ini, Ayam telah mulai berani untuk bertarung. Dimana diantara saudara ayam akan takut terhadap saudaranya yang jauh lebih berani dan membuat mental ayam tersebut jatuh.

  1. Kandang Umbaran

Saat Ayam telah menginjak usia lebih dari 6 bulan, Ayam sudah dapat dikatakan telah dewasa, oleh karena itu, jika ayam terlalu lama berada di kandang juga tidak terlalu bagus. Oleh sebab itu, sesekali Anda wajib mengumbar

Posted in Berita, BONUS Tagged with: , , , , , , , , ,