Tips Mencegah Ayam Petarung Dari Penyakit

Tips Mencegah Ayam Petarung Dari Penyakit

Tips Mencegah Ayam Petarung Dari Penyakit

Tips Mencegah Ayam Petarung Dari Penyakit Pada musim pancaroba, tidak hanya manusia yang akan dapat dengan mudah terjangkit penyakit. Tetapi Ayam Bangkok Petarung pun yang Anda punyai pasti juga akan mengalami hal serupa.

Ketika cuaca yang tidak tentu, perkembangan pathogen yang mengakibatkan penyakit seperti bakteri, virus ataupun jamur menjadi sangat cepat. Di sisi lain, kondisi cuaca demikian, kekebalan tubuh justru akan turun secara drastis. Hal ini yang membuat penyakit dengan mudah menyebar pada tubuh kita ataupun tubuh Ayam Petarung yang kita miliki.

Pada kasus terjadinya flu burung contohnya, akibat yang ditimbulkan ialah kerap kali banyak peternak ayam yang harus frustasi lantaran sejumlah ayam yang ada di kandang itu dapat mati secara cepat. Secara ekonomi, financial serta psikologis, efek ini jelas sangat menyedihkan. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa langkah pencegahan yang dapat kita lakukan untuk menangkal penyakit.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk Mencegah Ayam Petarung Dari Terjangkitnya Penyakit.

  1. Memilih Lokasi Dari Kandang

Lokasi kandang ialah salah satu kunci keberhasilan untuk membudidayakan Ayam Bangkok. Kandang yang berada pada lokasi buruk akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis ini, terutama terkait tentang tingkat penyebaran penyakit. Oleh sebab itu, tindakan pencegahan ini sebaiknya bisa menjadi early warning bagi diri Anda yang baru akan mengawali usaha budidaya Ayam jenis Bangkok.

Syarat utama lokasi dari kandang Ayam Bangkok ialah jauh dari tempat budidaya Ayam Potong. Ayam Potong biasanya dibudidayakan dengan jumlah besar, sehingga adana peluang terkena virus pada Ayam di tempat itu semakin bertambah besar.

  1. Tidak Mencampurkan Ayam

Tips lain untuk mencegah penyakit menyerang Ayam Bangkok yang dapat Anda lakukan ialah upayakan untuk melakukan pemisahan atau manajemen peletakan kandang dengan tepat. Jangan mencampur ayam di dalam 1 kandang. Buatlah sebuah kandang sederhana yang tidak terlalu besar untuk ditempati oleh 1 ekor ayam. Beri sekat antar kandang untuk mencegah terjadinya penularan penyakit.

Tips Mencegah Ayam Petarung Dari Penyakit

  1. Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan dari kandang serta tingkat kelembaban tanah pada sekitar kandang juga sangatlah penting untuk mencegah terjangkitnya ayam Bangkok dari penyakit. Seperti yang telah diketahui jika kandang kotor serta lingkungan yang lembab ialah penyebab penyakit dapat berkembang dengan cepat.

  1. Kandang Harus Tetap Steril

Kandang Ayam Bangkok wajib terhidar dari lalu lalang hewan lain maupun orang lain. Mereka dapat menjadi sebuah media yang akan membawa bibit penyakit dari luar kandang. Pagari dengan memakai batu bata, hal ini cukup efektif untuk dapat mencegah terjangkitnya Ayam Bangkok dari penyakit yang disebabkan oleh hewan lain, manusia ataupun udara yang mengarah ke kandang.

Tips Mencegah Ayam Petarung Dari Penyakit

  1. Melakukan Tindakan Karantina

Pada setiap Ayam Bangkok yang Anda miliki terjangkit penyakit ataupun Ayam Bangkok yang mungkin baru saja Anda beli dari seorang peternak, sebaiknya Anda melakukan karantina terlebih dahulu terhadap Ayam Bangkok tersebut. Karantina ini bertujuan supaya Ayam Sakit ataupun Ayam Bangkok yang baru tidak menulari Ayam Bangkok lain yang tengah dalam kondisi sehat. Anda juga wajib memastikan kesehatan dari Ayam Bangkok yang baru saja Anda beli dari seorang peternak sebelum mengeluarkan ayam itu dari Karantina.

Karantina tidak memerlukan waktu yang lama. Untuk seekor ayam sakit, lakukan karantina ini hingga ayam telah sehat kembali. Sementara untuk Ayam Bangkok yang baru saja Anda beli, karantina dilakukan paling tidak selama 7 hari atau 1 minggu.

Posted in Berita, BONUS Tagged with: , , , , , , , , , , ,