Manfaat Dan Kegunaan Kunyit Untuk Ayam Petarung

Manfaat Dan Kegunaan Kunyit Untuk Ayam Petarung

Manfaat Dan Kegunaan Kunyit Untuk Ayam Petarung

Manfaat Dan Kegunaan Kunyit Untuk Ayam Petarung – Kunyit identik dengan sebuah bahan dasar dalam pembuatan jamu bagi manusia maupun binatang. Sebab, memang manfaat dari knyit sendiri sudah terbukti sangat ampuh. Manfaat ataupun khasiat dari kunyit sesungguhnya telah dikenal sejak nenek moyak kita di zaman dahulu kalah. Hal itu juga telah teruji dan bisa dimanfaatkan oleh generasi penerus dan generasi berikutnya, dengan kata lain, sampai saat ini. Berdasar pengalaman dari nenek moyang kita dahulu, kunyit juga memiliki manfaat luar biasa untuk seekora Ayam Aduan terutama untuk dapat menjaga daya tahan tubuh ataupun kesehatan dari si ayam. Kunyit juga diyakini mampu mengobati beberapa masalah ataupun penyakit yang menyerang ayam aduan. Tidak hanya kunyit, terdapat pula daun kelor yang juga memiliki manfaat bagi seekor Ayam Aduan atau petarung.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan dari kunyit untuk Ayam Petarung:

  1. Dapat menambah nafsu makan

Memberikan kunyit atau biasa disebut juga dengan kunir ialah sebuah langkah tepat ketika ayam mulai kehilangan nafsu makan. Memberikan kunyit bisa menambah nafsu makan yang dimiliki oleh ayam.

  1. Sebagai Vaksi atau Antibiotik untuk Ayam Petarung

Untuk jenis Ayam Petaruh, akan lebih baik seandainya pemberian vaksi diganti dengan kunir atau kunyit. Hal ini disebabkan, kunyit adalah sebuah bahan alami yang tidak menggunakan bahan kimia. Jadi Anda dianjurkan untuk memilih kunyit jika dibandingkan dengan menggunakan vaksin sebagai Antibiotik dari Ayam Petarung

  1. Mencegah Diare

Kunyit ternyata juga bisa mengurangi penyakit diare atau mencret yang dialami oleh ayam. Diare pada ayam umumnya dikarenakan terlalu banyak minum air ataupun ada pula penyebab yang lain. Oleh sebab itu, memberikan kunyit merupakan solusi tepat untuk dapat mengobati mencret atau diare.

  1. Lesu

Ayam Aduan sesungguhnya wajib terus berada dalam kondisi fit ketika bertanding. Untuk Ayam Patarung yang lesu ataupun kurang begitu bergairah bisa diatasi dengan memakai kunyit yang dipotong dengan ukuran sebesar keleren dan dilolohkan tanpa harus ditumbuk pada seekor ayam dewasa. Jika Ayam kecil, dapat ditumbuh serta dikurangi porsinya sesuai dengan ukuran ataupun usia dari Ayam.

Manfaat Dan Kegunaan Kunyit Untuk Ayam Petarung

 

Tidak hanya itu, ada pulan beberapa manfaat kunyit untuk ayam aduan selain yang ada di atas yakni :

 

  1. Sebagai Obat Dalam

Obat dalam ini jelas sangat penting bagi ayam yang baru saja menyelesaikan sebuah pertarungan sebab keadaannya sudah pasti sakit serta lemah. Bagian rimpang atau ubi Kunyit yang memiliki umur lebih dari 1 tahun diyakini bisa dipakan sebagai obat dan berikut adalah beberapa manfaatnya.

  • Mampu mendinginkan badan ayam saat ayam terkena panas maupun dalam keadaan panas
  • Mampu membersihkan sisa kotoran yang terdapat pada saluran pencernaan. Hal ini akan mengeluarkan zat beracun. Sebab zat beracun ini yang kerap menyerang bagian tubuh dalam serta hal ini wajib kita hindari.
  • Merangsang kelebihan gas yang ada pada usus
  • Bisa menghentikan pendarahan ataupun mencegah terjadinya penggumpalan darah pada aya,. Hal ini umumnya terjadi ketika usai pertandingan. Jadi lebih baik, selepas menjalani pertarungan, ayam diberi kunyit untuk dapat menghentikan pendarahan maupun mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Manfaat Dan Kegunaan Kunyit Untuk Ayam Petarung

  1. Obat Luar
  • Kunyit bisa digunakan untuk mengobati bengkak usai pertarungan dengan cara dioleskan langsung pada bagian yang terluka.
  • Kunyai bisa dipakai sebagai bedak dengan cara dicampur gambir ataupun kapur sirih. Oleskan pada seluruh tubuh dari Ayam Petarung, dimana hal ini diyakini dapat mempertebal kulit ayam sehingga akan kebal terhadap gigitan dari serangga.
Posted in Berita, BONUS Tagged with: , , , , , , , , , , ,